Resep Cumi yang Enak dan Mudah untuk Dibuat di Rumah

Pengenalan



Cumi merupakan salah satu jenis makanan laut yang banyak digemari di Indonesia. Ada banyak cara untuk memasak cumi, mulai dari digoreng, dikukus, hingga dijadikan sate. Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa resep cumi yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah.


1. Cumi Goreng Tepung



Resep cumi yang pertama adalah cumi goreng tepung. Cumi yang diolah dengan cara ini akan terasa renyah di luar dan empuk di dalam. Cara membuatnya pun cukup mudah.
Pertama, bersihkan cumi dan potong sesuai selera. Kemudian, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, dan merica dalam wadah. Setelah itu, celupkan cumi ke dalam campuran tepung tersebut dan goreng hingga kuning kecoklatan.


2. Cumi Saus Tiram



Resep cumi yang kedua adalah cumi saus tiram. Saus tiram memberikan rasa gurih yang khas pada cumi. Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah.
Pertama, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan potong-potong. Setelah itu, tambahkan saus tiram, kecap manis, air, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga cumi matang dan saus meresap.


3. Cumi Bakar



Resep cumi yang ketiga adalah cumi bakar. Cara membuatnya sedikit berbeda dari yang sebelumnya, namun tetap mudah dan enak.
Pertama, campurkan bawang putih, kecap manis, gula merah, dan minyak dalam wadah. Kemudian, celupkan cumi ke dalam campuran tersebut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, panggang cumi di atas panggangan hingga matang.


4. Cumi Asam Manis



Resep cumi yang terakhir adalah cumi asam manis. Cumi yang diolah dengan cara ini akan memiliki rasa asam manis yang lezat.
Pertama, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan potong-potong. Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus sambal, air, gula, dan cuka. Aduk-aduk hingga cumi matang dan saus meresap.


Kesimpulan



Itulah beberapa resep cumi yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Cobalah membuatnya sendiri dan nikmati sajian cumi yang lezat bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

close