Resep Dasar Cake 4 Telur

Bahan-Bahan:



- 180 gram tepung terigu
- 180 gram gula pasir
- 4 butir telur
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt vanili bubuk
- 100 ml minyak sayur
- 100 ml susu cair
- Sejumput garam


Cara Membuat:



1. Siapkan loyang yang sudah dioles margarin dan taburi tepung terigu tipis-tipis. Preheat oven dengan suhu 180 derajat Celsius.
2. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna kuning pucat. Tambahkan vanili bubuk dan garam, kocok kembali hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur secara bertahap, sambil diayak agar tidak ada gumpalan tepung.
4. Setelah adonan tepung terigu tercampur rata, masukkan minyak sayur dan susu cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga adonan tercampur rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan ratakan permukaannya.
6. Panggang cake selama 30-40 menit atau hingga matang dengan baik. Cek kekematangan cake dengan menusukkan lidi ke dalam cake, jika tidak ada adonan yang lengket pada lidi, berarti cake sudah matang.
7. Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum diangkat dari loyang. Setelah itu, cake siap untuk dinikmati.


Nilai Gizi:



- Kalori: 463 kalori
- Lemak: 21 gram
- Karbohidrat: 62 gram
- Protein: 8 gram
- Serat: 1 gram


Tips:



- Pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang cake.
- Jangan membuka oven saat cake masih dipanggang, karena akan membuat suhu oven turun dan cake tidak matang dengan baik.
- Jika tidak memiliki mixer, bisa menggunakan whisk atau garpu untuk mengocok telur dan gula pasir hingga mengembang.

close